«

»

Aug
10

Bentuk negara : PKN kelas x

  1. Pada setiap diri manusia secara kodrati telah diberikan akal, pikiran, perasaan   dan keyakinan sehinga mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dan  mempertahankan hidupnya. Beri penjelasan singkat pada kolom di bawah ini !
Fungsi Pokok Akal dan Pikiran Fungsi Pokok Perasaan & Keyakinan
Manusia di bekali dengan Akal dan Pikiran untuk dapat menaklukan alam dan makhluk lain, dengan maksud bukan untuk mengeksploitasi tapi untuk merawat dan menjaga alam dan makhluk lain tersebut. Jadi akal dan pikiran manusia berfungsi sebagai aset kita untuk melakukan perawatan dan penjagaan di bumi ini. Selain akal dan pikiran, manusia juga dibekali dengan perasaan dan keyakinan. Perasaan dan keyakinan memiliki fungsi yang lebih luas lagi, yaitu untuk membedakan yang baik dan yang buruk serta untuk menemukan Tuhan. Sehingga, manusia dapat menjadi individu yang lebih mandiri.
  1. Berikan tanggapan penjelasan, adakah di dunia ini ras manusia yg di-katakan paling unggul atau hebat !  ………………………………………………

Di dunia ini, manusia diciptakan menurut suku dan agama yang berbeda-beda. Begitu juga dengan ras mereka. Ras adalah sekelompok orang yang memiliki ciri fisik yang sama. Sehingga dari sekian banyak ras di bumi ini tentu tidaka ada ras yang sama persis. Maka dari itu, sangat sulit untuk menentukan apakah ada ras yang paling unggul atau hebat di bumi ini, karena setiap rasi memiliki cirri khusus yang tidak dimiliki ras lain. Jadi, tidak ada ras di dunia ini yang dapat dianggap paling unggul atau paling hebat.

  1. Tuliskan persamaan & perbedaan pengertian bangsa menurut Ernest Renan dan Otto Bauer !
Persamaan Perbedaan
Kesamaan pendapat mereka berdua adalah mereka beranggapan bahwa bangsa adalah sekelompok manusia yang sama atau satu (united). Disini yang dikatakan bersatu dan sama memiliki makna united. Jadi mereka beranggapan bangsa adalah sekelompok manusia yang satu. Sedangkan perbedaan pendapat mereka berdua adalah, jika menurut otto bauer, bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kesamaan karakter yang timbul karena persamaan nasib tapi jika menurut ernest renan, bangsa adalah sekelompok manusia yang satu sehingga mereka mengganggap diri mereka adalah satu.

 

 

 

 

 

  1. Rumuskan kembali yang dimaksud dengan manusia, bangsa dan negara !
  1. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki kelebihan dalam hal akal dan pikiran serta perasaan dan keyakinan.
  2. Bangsa adalah suatu perkumpulan manusia yang memiliki kesamaan tujuan yaitu ingin mencapai kesatuan dan persatuan.
  3. Negara adalah organisasi yang memiliki tugas mengatur dan menjaga segala komponen Negara di dalamnya dan memiliki wewenang untuk mengambil dan mengeksploitasi sumber daya yang dimilikinya dengan tujuan untuk kemakmuran rakyat.
  4. Berikan penjelasan hubungan antara adanya manusia, bangsa dan negara di dalam suatu wilayah tertentu !

Dengan adanya manusia di suatu wilayah tertentu, menandakan bahwa di wilayah itu telah terjadi proses sosial dan organisasi sehingga sudah dapat dikatakan wilayah itu merupakan wilayah yang baik.

Dengan adanya bangsa di suatu wilayah tertentu, menandakan di wilayah itu, manusianya sudah memiliki tujuan hidup yang sama, yaitu ingin memiliki kesatuan dan persatuan.

Dengan adanya negara di suatu wilayah tertentu, menandakan di wilayah itu, telah ada masyarakat yang demokratis dan pemerintahaan yang berdaulat.

Jadi, keberadaan manusia, bangsa, dan negara memiliki hubungan yang menentukan status atau kualitas suatu wilayah tertentu.

  1. Berikan  sekurang-kurangnya 3 (tiga) kriteria bahwa suatu manusia (rakyat) di dalam suatu wilayah tertentu disebut sebagai bangsa dan negara !

Kriteria suatu manusia didalam suatu wilayah tertentu disebut sebagai bangsa dan Negara :

  1. Manusia tersebut harus mendiami suatu wilayah tetap dalam jangka waktu lama dengan sekurang kurangnya ada dua manusia,
  2. Manusia-manusia tersebut harus memiliki tujuan bersama,
  3. Manusia-manusia tersebut harus dapat berorganisasi dan membentuk organisasi yang dapat mendukung mereka dalam mencapai kemakmuran kehidupan.
  4. Manusia-manusia tersebut dapat berkembang dan mempertahankan diri di wilayah tetap tersebut dari segala bentuk bahaya.
  5. Berikan pendapat atau pandangan anda berkaitan dengan praktik-praktik sifat hakikat negara Indonesia di sekitar wilayah/daerah anda sendiri !

sifat hakikat yang di milii suatu negara ada tiga : sifat memaksa, monopoli, dan mencakup semua.

  1. sifat memaksa : negara mempunyai kekuatan fisik secara legal. Prakteknya di daerah saya sendiri contohnya ada di dalam hukum yang berlaku. Disini hukum yang berlaku di wilayah saya, memiliki kekuatan yang mengikat dan legal, sehingga siapapun yang tidak mematuhinya akan mendapatkan sanksi yang berat.
  2. Sifat monopoli: yaitu menetapkan tujuan bersama masyarakat. Prakteknya di wilayah saya sendiri contohya adalah dalam perumusan peraturan daerah. Pemerintahan akan mendengarkan aspirasi rakyat dan mempertimbangkan setiap pendapat masyarakat sehingga akan tercipta peraturan yang sesuai dan tepat.
  3. Sifat mencakup semua : yaitu semua peraturan perundang undangan yang berlaku adalah untuk semua orang tanpa kecuali. Contoh prakteknya di wilayah saya adalah dalam pemilihan kepala daerah. Setiap masyarakat memiliki hak pilih satu, begitu juga calon calon kepala daerah, mereka juga memiliki satu kesempatan hak pilih.

 

1 comment

  1. lista de email says:

    very interesting information, thanks. lista de email lista de email lista de email lista de email lista de email

Leave a Reply